3 Fakta Produsen Air Kemasan Alto Tutup Pabrik hingga PHK Ratusan Karyawan

Jakarta

Badai PHK belum berakhir. Sekarang, badai PHK memukul produsen AMDK Alto, PT Tri Banyan Tirta Tbk.

PHK terjadi pada ratusan pekerja. PHK tersebut dilakukan perseroan karena terhentinya kegiatan operasional salah satu pabriknya.

Fakta Pensiun Massal Alto:

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

1. Lokasi Pabrik

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Rabu (23/11/2022), pabrik tersebut berlokasi di Kampung Pasir Dalam, RT 002/RW 002 Desa Babakanpari, Kecamatan Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan kuartal II 2022, pabrik yang dihentikan tersebut memberikan kontribusi pendapatan sebesar 16,9% dan kontribusi terhadap aset perseroan sebesar 2,53%.

2. Alasan penutupan pabrik

Perusahaan memutuskan untuk menghentikan operasi pabrik sebagai langkah efisiensi. Perusahaan mengatakan biaya operasi pabrik terlalu tinggi.

“Tujuan penghentian operasional pabrik adalah untuk mengefisienkan biaya operasional perusahaan, karena secara operasional biaya pabrik terlalu tinggi dan tidak efisien,” ujar Corporate Secretary Tri Banyan Tirta, Januar Pitono.

3. Pemberhentian 145 karyawan

Seiring dengan berhentinya operasional pabrik, juga dilakukan penerbitan kode saham ALTO PHK lebih dari 100 karyawan.

“Perusahaan juga merumahkan 145 karyawan dengan mengikuti prosedur yang berlaku,” jelas Januar

Januar menambahkan, keputusan perseroan tidak berdampak pada kelangsungan usaha, karena seluruh produksi yang ada di pabrik sudah dialihkan ke pabrik grup usaha, pabrik PT Tirtamas Lestari. Pabrik berlokasi di Sukabumi.

(acd/gbr)