Aplikasi Android TV Bakal Irit Penyimpanan

Jakarta

Sejauh ini, format aplikasi yang digunakan di TV Android dan GoogleTV adalah Perangkat Paket Android (apk), dan Google sekarang membutuhkan perubahan format. Terus?

Josh Wentz, tim Manajemen Produk di Google TV, mengungkapkan bahwa mulai Mei 2023, Google TV dan Android TV akan diwajibkan menggunakan format App Bundle, yang lebih hemat penyimpanan dan memiliki performa lebih tinggi.

Google juga memberi pengembang waktu enam bulan untuk memformat ulang aplikasi mereka ke App Bundle agar lebih ringan. Meski sebenarnya Wentz mengatakan prosesnya sebenarnya hanya memakan waktu tiga hari.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Keuntungan utama menggunakan format App Bundle adalah ukuran penyimpanan 20% lebih kecil, karena aplikasi hanya menggunakan sumber daya yang diperlukan, sedangkan sisanya disimpan.

Menurut Wentz, saat ini terdapat 10.000 aplikasi yang tersedia di Android TV, dan menurutnya ukuran aplikasi yang besar menyebabkan banyak pengguna yang menghapus aplikasi yang tidak terpakai.

Untuk itu, ia dan timnya mendorong para developer untuk mengubah format aplikasi yang digunakan, detikINET mengutip dari GSM Arena, Jumat (25/11/2022).

Format App Bundle ini sebenarnya sudah diwajibkan untuk aplikasi yang terdaftar di Play Store sejak Agustus 2021. Sehingga developer yang baru mendaftarkan aplikasinya pada Agustus 2021 wajib menggunakan App Bundle.

Namun terlepas dari keunggulan penyimpanan yang lebih efisien, ada satu kelemahan dari format ini. Artinya, format aplikasi hanya bisa digunakan di Google Play dan tidak bisa digunakan di platform lain. Hal ini akan merugikan developer yang mendistribusikan aplikasinya ke perangkat non-Google Play.

Google berjanji kepada developer bahwa membuat aplikasi dalam format Android App Bundle hanya sedikit lebih sulit daripada dalam bentuk APK. Juga mendukung berbagai software untuk membuat aplikasi, seperti Android Studio, Gradle, Bazel, Buck, Cocos Creator, Unity, Unreal Engine dan berbagai software lainnya.

Android App Bundle adalah format pertama yang diluncurkan pada Mei 2018, dan menurut Google, saat ini ada lebih dari satu juta aplikasi yang menggunakan format ini, termasuk sebagian besar dari 1.000 aplikasi terpopuler teratas di Google Play, seperti Adobe, Duolingo, Gameloft, Netflix, redBus, Riafy, dan Twitter.

Tonton Video “Pengguna Google Play Capai 2,5 Miliar Dalam 10 Tahun Terakhir”
[Gambas:Video 20detik]

(asj/rns)