Awas! 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin HP Meledak

Jakarta

Bagaimana kita merawat HP kita dapat menentukan berapa lama perangkat kita bertahan. Cara kita memperlakukan ponsel kita juga memengaruhi keamanan kita saat menggunakan ponsel kita.

Ada beberapa kasus di mana ponsel tiba-tiba meledak sehingga menimbulkan ketakutan bagi sebagian orang. Namun, bukan hanya masalah dari pabriknya saja, cara kita merawat HP juga perlu dipikirkan.

Mengutip PCMag, Jumat (25/11/2022) 4 kebiasaan ini bisa menjadi ancaman HP meledak dan menciptakan percikan api. Jangan sampai kamu melakukannya, ya!

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

1. Jangan gunakan pengisi daya yang sesuai

Voltase yang dibutuhkan untuk mengisi daya ponsel berbeda-beda, sehingga disarankan untuk menggunakan charger dari produsen ponsel. Jika Anda menggunakan Samsung, gunakan pengisi daya dari Samsung. Jika Anda menggunakan iPhone, gunakan pengisi daya resmi dari Apple Store, detik.

Juga jangan ‘mencampur & mencocokkan’ kabel pengisi daya dan kepala karena watt dapat bervariasi. Risikonya baterai HP lama-kelamaan bisa rusak.

2. Gunakan kabel yang tidak layak

Memiliki charger, kabel harus dirawat dengan baik. Kabel yang rusak dapat menyebabkan HP terbakar dan meledak.

3. Tutup ponsel saat sedang diisi

Meski terdengar konyol, menutupi ponsel saat mengisi daya (misalnya dengan selimut atau meletakkannya di bawah bantal) dapat menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas. Handphone yang overheat bisa berbahaya, bisa menyebabkan HP meledak dan padamkan api.

4. Membawa HP ke suhu ekstrim

Sekarang kamu tahu bahwa HP musuh adalah cuaca panas. Tapi bagaimana dengan cuaca dingin? Pada dasarnya HP optimal pada suhu 0-35 derajat Celcius. Jika Anda secara teratur memaparkan ponsel ke suhu ekstrem, baterai ponsel dapat rusak dan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Tonton video “KuTips: Mencegah HP Mudah Meledak!”
[Gambas:Video 20detik]

(tanya/fai)