Bule Juga Ketilang ETLE, Belum Bayar Bisa Dicekal Imigrasi


Jakarta

Tiket elektronik melalui Penegakan Hukum Lalu Lintas Elektronik (ETLE) juga menargetkan orang asing (orang asing). Baru-baru ini, kamera tiket elektronik (ETLE) tertangkap melakukan pelanggaran lalu lintas di Kota Batam.

Dikutip NTMC Polri, WNA yang tertangkap kamera melakukan pelanggaran tidak mengenakan sabuk pengaman saat berkendara. Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, Kombe Pol Tri Yulianto mengatakan, informasi tersebut didapat dari laporan harian kegiatan Satgas Etle Polda Kepri.

Tri melanjutkan, Ditlantas Polda Kepri bekerjasama dengan Imigrasi Daerah Kepri dalam menangani pelanggaran ETLE terhadap WNA.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Bagi Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan pelanggaran lalu lintas dan terekam oleh kamera ETLE, identitas WNA tersebut akan diteruskan ke Departemen Imigrasi untuk segera ditindaklanjuti dengan cara mencegah mereka keluar dari Indonesia khususnya Pulau Batam, dan wajib menyelesaikan denda pelanggaran lalu lintas sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Tri, Rabu (23/11/2022).

Pelaku WNA datang ke LBH ETLE Ditlantas Polda Kepulauan Riau untuk mengkonfirmasi tiket yang dikirimkan kepada mereka oleh petugas ETLE. Front Office Officer juga memerintahkan pelaku untuk membayar denda tilang setelah nomor Briva diberikan oleh Petugas Pos.

Kemudian pelaku WNA tersebut membayar denda tilang tersebut dan menyetorkannya ke petugas BRI yang telah disiapkan di Posko Ditlanas ETLE Polda Kepri.

Tri mengatakan, inovasi ini merupakan salah satu wujud nyata upaya Polda Kepri bersama pemangku kepentingan terkait lainnya dalam menjaga martabat Negara Indonesia di mata dunia internasional.

“Kami mohon dukungan dan doa restu dari semua pihak terkait dan juga masyarakat Kepri agar bersama-sama mewujudkan Polantas yang tepat, bangkit dan bersama-sama bangkit menuju Indonesia maju. Ditlantas Polda Kepri sudah siap. menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan Polri dan Penegakan Hukum. di Land of Trust Berlabuh di Marwah Kepulauan Riau,” ujar Tri.

Simak video “Jelang Penerapan ETLE di Probolinggo, Banyak Pengemudi yang Melanggar Lalu Lintas”
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)