Diduga Ada Kebocoran Data, Ini Penjelasan Lazada

Jakarta

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Infokom) mengungkapkan telah menerima 33 laporan insiden pelanggaran Perlindungan Data Pribadi (PDP) sepanjang tahun 2022, dimana terdapat lima kasus dugaan kebocoran data pribadi yang terjadi November ini.

Hal itu dijelaskan dalam Rapat Kerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dengan Komisi I DPR, Rabu (23/11/2022). Kebocoran data diduga mempengaruhi Carousel, MyPertamina, PeduliLindungi, Mobile Legends dan Lazada.

Laporan kejadian pelanggaran PDP di Lazada, kata Johnny, karena kelalaian penjual atau merchant yang mengakibatkan akses tidak sah. Kominfo juga menyiapkan rekomendasi atas permasalahan yang dihadapi Lazada.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Menanggapi kabar tersebut, Lazada mengatakan selalu mengutamakan perlindungan data pribadi setiap pelanggan. Dijelaskan, baru-baru ini mereka mendapat informasi dari salah satu penjual bahwa ada akses tidak sah ke akun penjual.

“Untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data dan akun penjual, kami telah bekerja sama dengan penjual untuk menyelidiki masalah ini dan juga membantu penjual memblokir akses ke akunnya dan juga meningkatkan edukasi kepada pengguna Lazada untuk waspada terhadap phishing. “” ujar juru bicara Lazada dalam keterangan yang diterima detikINET.

Lazada mengklaim bahwa tidak ada kelemahan dalam sistem atau proses apa pun di pihak Lazada yang menyebabkan akses tidak sah ke akun penjual. Hasil investigasi menyimpulkan bahwa kejadian ini hanya terjadi pada salah satu akun penjual yang diakibatkan oleh kelalaian penjual dalam menjaga kerahasiaan informasi login akunnya sendiri, sebagaimana dikonfirmasi oleh penjual.

“Kejadian ini juga sudah kami laporkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku di Indonesia. Kami akan terus berkoordinasi dengan Kominfo untuk memastikan kejadian serupa tidak terjadi lagi,” tambah mereka.

“Kami juga ingin mengingatkan kepada seluruh pengguna Lazada (pembeli dan penjual) untuk menjaga kerahasiaan username dan password setiap saat. Lazada tidak akan pernah meminta pengguna kami untuk memberikan data tersebut dalam keadaan apapun,” pungkas Lazada.

Tonton Video “Samsung Ketinggalan, Data Pribadi Pengguna AS Bocor”
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/afr)