Dulu Pakai Sasis Pikap, Kini Pakai Sasis Sedan


Jakarta

Perubahan besar dilakukan Toyota pada Kijang Innova generasi ketujuh yang diberi nama Kijang Innova Zenix. Salah satu ubahan terbesar ada pada sasis atau platform, dimana Kijang Innova versi sebelumnya menggunakan sasis pikap, dan Kijang Innova Zenix menggunakan sasis sedan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Chief Engineer Toyota Motor Corporation (TMC), Hideki Mizuma, dalam sesi tanya jawab dengan wartawan di luar acara peluncuran Toyota Kijang Innova Zenix di Jakarta (21/11).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

ToyotaHilux. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor (TAM)

Menurut Mizuma, Toyota harus mengubah platform Kijang Innova karena menggunakan mesin hybrid. Selain itu, penggunaan sasis sedan pada Kijang Innova Zenix juga mampu memberikan kenyamanan kepada penumpang, meski mobil dalam keadaan terisi penuh.

“Karena ini mobil hybrid, kami tidak menggunakan rangka Hilux (double cab pickup), tapi menggunakan platform TNGA (GA-C) yang biasa digunakan untuk mobil sedan. Jadi meski isi Kijang Innova full 8 orang di dalamnya, tetap nyaman,” ujar Mizuma.

Sebagai informasi, platform TNGA:GA-C digunakan untuk mobil Toyota berdimensi kompak, dengan mesin melintang dan menggunakan sistem penggerak roda depan. Platform ini sebelumnya telah digunakan pada model sedan Toyota seperti Prius dan Corolla, serta model boxy MPV seperti Toyota Voxy.

Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform TNGA: GA-C Foto: Pradita Utama

“Kami menggunakan platform GA-C, artinya Innova Zenix adalah saudara dari Voxy. Desain Voxy lapang, sedangkan Innova harus kokoh di segala medan dan jalan, serta harus taft, kuat dan stylish,” lanjut Mizuma. .

“(Kijang Innova Zenix) itu merek baru, sangat baru. Tapi sebenarnya Innova (Zenix) juga kakak dari Corolla dan Prius,” lanjut Mizuma.

Dengan menggunakan platform TNGA:GA-C, Kijang Innova mengalami perubahan besar, dari sebelumnya menggunakan sasis rangka tangga dan penggerak roda belakang seperti pikap double cab, Toyota Hilux, menjadi menggunakan sasis monocoque dan sistem penggerak roda depan.

Simak Videonya “Sudah Tau Belum? Ini Arti dan Kepanjangan Toyota Kijang”
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)