Elon Musk Cabut Blokir Akun Twitter Donald Trump, Netizen Terbelah Dua

Jakarta

Elon Musk pulihkan akun Twitter mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump setelah diblokir selama hampir dua tahun. Netizen terpecah dalam menyambut kembalinya Trump ke Twitter.

Akun Twitter Trump kembali hadir setelah Musk melakukan polling alias survei Jumat lalu. Hasil akhir jajak pendapat menunjukkan bahwa 51,8% responden memilih “Ya” sedangkan 48,2% memilih “Tidak”. Total ada lebih dari 15 juta suara.

Setelah jajak pendapat berakhir, Musk kemudian mengumumkan bahwa akun Trump akan diaktifkan kembali. “Orang-orang telah berbicara. Trump akan diizinkan kembali. Vox Populi, Vox Dei,” kata Musk dalam tweet.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Keputusan Musk segera mendapat dukungan dari penggemar Trump dan kecaman dari kelompok liberal. Pendukung Trump menyambut baik keputusan tersebut, terutama setelah Trump baru-baru ini mengumumkan akan mencalonkan diri untuk pemilihan presiden AS 2024.

“Ini adalah malam terbaik di Twitter sejak Trump menang pertama kali,” kata @thebradfordfile dalam tweet.

“Selamat datang kembali Tuan Presiden (@realDonaldTrump)! Terima kasih @ElonMusk karena telah melakukan hal yang benar,” kata Karthik jujur.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

Di sisi lain, banyak netizen menyuarakan kekecewaan mereka pada Musk yang mengizinkan Trump kembali ke AS Twitter. Terlebih lagi, Musk sebelumnya mengatakan dia tidak akan memulihkan akun penting yang diblokir sampai Twitter membuat papan moderasi konten.

“Keputusan Musk untuk mengizinkan Trump masuk kembali tidak berdasarkan amandemen pertama. Itu hanya untuk $$$,” kata pengacara Daniel Uhlfelder.

“Masih pecundang,” cuit keponakan Trump, Mary L. Trump.

“Musk sedang mencari cara untuk mengembalikan Trump ke Twitter sambil menghindari tanggung jawab untuk membuat keputusan tentang mengembalikan Trump ke Twitter,” kata reporter Tom Nichols.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

Seperti diketahui, Twitter telah memblokir akun tersebut Truf secara permanen setelah kerusuhan di US Capitol pada 6 Januari 2021. Twitter mengatakan pada saat itu bahwa tweet Trump melanggar aturannya terhadap “memuliakan terorisme”.

Musk juga beberapa kali mengungkapkan niatnya untuk memulihkan akun Trump setelah membeli Twitter. Kini akun Twitter Donald Trump dengan handle @realDonaldTrump kembali hadir di Twitter, lengkap dengan segala kicauannya.

Tonton Video “Hampir 2 Tahun Di-Banned, Akun Twitter Donald Trump Kembali!”
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/vmp)