Franchise Bisa Jadi Obat Bisnis Kuliner Sembuh dari Pandemi

Jakarta

Bisnis kuliner menjadi salah satu sektor yang cukup terpengaruh dengan adanya wabah COVID-19 kemarin, terutama di level UKM. Saat wabah mulai mereda, pengusaha kuliner membutuhkan ‘obat’ yang lebih mujarab untuk menggenjot kembali usahanya.

Waralaba atau waralaba disebut-sebut sebagai salah satu solusi paling ampuh untuk mengembangkan bisnis kuliner pascapandemi. Karena dengan bekerja sama dengan mitra, pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuka cabang.

Sektor kuliner sendiri merupakan salah satu sektor yang paling banyak diwaralabakan. Mulai dari brand skala kecil, menengah hingga ternama dengan ribuan cabang.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Untuk mendorong pengusaha kuliner melirik opsi waralaba, Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (Apkulindo) menandatangani MoU dengan Asosiasi Waralaba dan Perizinan Indonesia (Wali). MoU ini ditandatangani dalam rangkaian Indonesia Franchise and License Expo 2022.

“Beberapa usaha anggota Apkulindo telah diwaralabakan dan ikut dalam pameran FLEI ini. Kami berharap semakin banyak usaha anggota yang diwaralabakan,” ujar Ketua Umum Apkulindo Masbukhin Pradhana dalam keterangannya, Minggu (20/11/2022).

Sementara itu, Ketua Wali Tri Raharjo menilai kerja sama dengan Apkulindo sangat strategis. Pasalnya, sekitar 40 persen peserta pameran FLEI merupakan pengusaha cabang kuliner.

“Semangat kami adalah sinergi kekuatan dan Apkulindo adalah organisasi yang tepat untuk diajak bekerja sama mengembangkan bisnis franchise di bidang kuliner karena anggotanya sudah mencapai ratusan,” ungkapnya.

Seorang pegiat bisnis kuliner percaya bahwa kerjasama ini dapat membantu para pengusaha pulih dari dampak pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir.

“Saya yakin MOU ini akan menyemangati teman-teman yang usahanya terpuruk selama 2 tahun terakhir bahkan kehabisan modal karena pandemi. Dengan kerjasama franchise ini, akan menjadi jalan untuk bangkit bersama lebih cepat,” ucapnya.

Seperti diketahui, Panorama menggandeng Asosiasi WALI, Kamar Dagang dan Industri Indonesia serta asosiasi lainnya menggelar Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) dan diresmikan langsung oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, di Konvesi Jakarta. Tengah, Jumat (18/11).

Mendag menyambut baik penyelenggaraan FLEI ke-19 karena ide bisnis kreatif karya anak bangsa dapat diperbanyak dan berkembang lebih pesat secara nasional bahkan internasional.

(das/zlf)