Motor 'Pelat T' Penendang Nenek di Tapsel, Asal Mana?


Jakarta

Sepeda motor yang dikendarai siswa yang ditendang nenek di jalan Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) itu berplat T. Dari mana asal plat nomor itu?

Di Indonesia plat nomor kendaraan memiliki kode plat yang berbeda-beda untuk setiap daerah yang tersebar di seluruh daerah. Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pendaftaran dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, wilayah dengan kode Plat T adalah Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Subang.

Video nenek ditendang siswa itu viral di media sosial. Salah satunya ada di Twitter. Menko Polhukam Mahfud Md kemudian me-retweet salah satu cuitan video tersebut. Dia menyodok Polisi untuk turun tangan saat dia menyebutkan nomor platnya.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Ini @DivHumas_Polri -> Motornya T 3350 BK,” kicau Mahfud.

Jika ditelisik melalui website Bapenda Jawa Barat, plat nomor T 3350 BK memang terdaftar sebagai motor Yamaha Vixion. Namun diketahui ada keterlambatan pajak kendaraan bermotor, STNK 5 tahun juga sudah habis masa berlakunya. Total pajak dan denda yang harus dibayar Rp 1.381.200.

Kapolres AKBP Tapsel Imam Zamroni mengatakan, kendaraan plat T itu milik mahasiswa. Namun, pihak belum mengusut soal pemasangan nomor plat sesuai database Korlantas Polri.

“Sampai saat ini identitas kendaraan belum kami selidiki, apakah nomor kendaraan yang tertera pada kendaraan tersebut sesuai dengan data di database kendaraan milik Korlantas Polri,” kata Imam mengutip detikSumut, Minggu (20/ 11). /2022).

Simak Video “Seri Fakta Nenek Ditendang Pelajar, Diduga ODGJ Hingga Pelaku Dilatih”
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)