Tanpa Pilihan Mesin Diesel, Toyota Innova Zenix Ditarget Laku 4.000 Unit per Bulan


Jakarta

All New Toyota Kijang Innova Zenix diperkenalkan secara resmi di Indonesia. Mobil ini memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan pendahulunya, Kijang Innova. Kijang Innova Zenix mengusung gaya mobil crossover atau MPV yang bagasinya disulap menjadi SUV. Selain itu, mesin Kijang Innova Zenix didukung teknologi hybrid.

Dengan ubahan ini, Toyota menargetkan Kijang Innova Zenix laris manis seperti pendahulunya. Toyota cukup percaya diri dengan fitur dan teknologi Kijang Innova Zenix, mobil ini bisa diterima masyarakat Indonesia seperti pendahulunya.

“Kisaran penjualan saat ini (model) hampir 4.000 unit (per bulan). Estimasi (Innova Zenix juga) sekitar angka itu setiap bulannya,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) ini. . , Anton Jimmi Suwandy, di Jakarta, Senin (21/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Toyota resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix Hybrid. Penambahan nama Zenix membuat mobil ini benar-benar berbeda. Lalu, bagaimana tes mengemudinya? Foto: Pradita Utama

Soal proporsi, kata Anton, semua tergantung permintaan pasar. Jika memang banyak yang menyukai varian hybrid, maka Toyota siap menyediakannya.

“(Rasionya) tergantung demand. Saat ini supply yang kita dapat dari pabrik sekitar 25% untuk hybrid. Tapi kalau saya dengar hari ini akan lebih tinggi dari jumlah itu. Mungkin bisa 50:50 atau 60:40 ( perbandingan),” lanjut Anton.

“(Tapi bagaimanapun) ini masih awal. Kita harus melihat permintaan yang sebenarnya, karena pesanan baru masuk hari ini,” ujar Anton lagi.

Sebagai informasi, Kijang Innova Zenix diproduksi secara lokal di Karawang Plant I PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Corporate Affairs Director TMMIN Bob Azam menjelaskan, kandungan lokal Kijang Innova Zenix masih sekitar 65%, karena mesinnya masih impor.

“Kenapa masih impor mesin? Karena pabrik mesin kita saat ini masih memproduksi mesin lama. Jadi kita punya dua pabrik mesin, satu untuk NR yang dipakai di Veloz, Avanza. Kemudian mesin TR dipakai di Innova lama, tapi juga dipakai dalam model “Model lainnya ada di Jepang dan Thailand. Jadi kalau mau pindah (mesin), siapa yang menyuplai yang lama. Jadi itu masalahnya,” kata Bob dalam kesempatan yang sama.

Toyota Kijang Innova Zenix diluncurkan di Indonesia, Senin (21/11/2022). Foto: Toyota Astra Motor

Oh iya, selain memasarkan Kijang Innova Zenix, Toyota masih memasarkan model Kijang Innova sebelumnya yang merupakan generasi keenam. Bob mengatakan kapasitas produksi Kijang Innova Zenix per bulan bisa mencapai 5.000-6.000 unit, tergantung permintaan.

“(Untuk) Innova lama kapasitasnya masih berkisar 1.000-2.000 unit per bulan,” jelas Bob. Toyota masih memasarkan Innova tipe G lama, baik bermesin bensin maupun diesel. Namun, pemasaran Innova lama bergantung pada pesanan atau pesanan.

Simak Video “Takjub dengan Kecanggihan Toyota Innova Zenix Hybrid”
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)