Tesla Mau Bikin Pabrik Baru di Asia, di Indonesia?

Jakarta

Tesla berencana membangun pabrik baru di Asia. Kandidat utama pembangunan pabrik tersebut adalah Korea Selatan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (24/11/2022), CEO Tesla Elon Musk dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol mengadakan diskusi melalui video call pada Rabu (23/11/2022) kemarin. Dalam video call tersebut, Musk menilai Korea Selatan sebagai salah satu kandidat utama untuk membangun pabrik Tesla di Asia.

Tesla sudah memiliki hubungan yang kuat dengan Korea Selatan. Pasalnya, Tesla telah bermitra dengan LG Energy Solutions (LGES) untuk memproduksi baterai.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Laporan dari Teslarati, Kamis (24/11/2022), Juni lalu, LGES mengumumkan rencana investasi US$ 567,76 juta untuk memperluas produksi dalam negeri. Ekspansi tersebut mencakup rencana instalasi baru yang akan menghasilkan 4.680 sel baterai berbentuk silinder.

Selain Korea Selatan, pemerintah Indonesia dan India juga melobi Tesla untuk memproduksi kendaraan listrik di negara tersebut. Agustus lalu, Presiden Joko Widodo meminta Tesla memproduksi kendaraan listrik di Indonesia.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga meminta Tesla untuk mempertimbangkan salah satu negara di Asia Tenggara sebagai pusat manufaktur mobil, selain membuat baterai.

Tonton Video “Elon Musk Akan Menemukan Orang Baru untuk CEO Twitter”
[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)