Timnas Dayung Perahu Naga Boyong 11 Emas dari Kejuaraan Asia 2022


Jakarta

Tim dayung perahu naga nasional menjuarai Kejuaraan Asia 2022. Merah Putih meraih 11 medali emas dan 1 perunggu.

Dalam kompetisi bertajuk 14th Asian Dragon Boat Championship yang digelar di Rayong, Thailand, 19-21 November lalu, Timnas Indonesia mengikuti 12 dari 15 nomor yang dipertandingkan.

Alhasil, mereka tampil baik dengan mendominasi setiap sejumlah pertandingan. Di hari pertama, mereka berhasil meraih empat medali emas. Keesokan harinya, Indonesia kembali meraih medali emas dengan jumlah yang sama.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Pada hari ketiga atau terakhir turnamen yang berlangsung pada 21 November itu, Indonesia kembali menambah perolehan medalinya dengan tambahan tiga medali emas dan satu perunggu. Dengan perolehan medali ini, Indonesia pun tampil sebagai juara umum di ajang tersebut.

Manajer tim dayung Indonesia Edy Suyono mengapresiasi kerja keras para atlet hingga mampu menyumbang banyak medali emas. Dia bilang dia bangga.

“Prestasi tim dayung perahu naga Indonesia sangat luar biasa,” kata Edy yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI), dalam keterangan tertulisnya.

Ucapan selamat yang sama juga disampaikan Ketua Umum KONI Pusat (KONI) Indonesia Marciano Norman.

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya mengucapkan selamat kepada Tim Dayung Nasional Indonesia yang telah keluar sebagai juara umum Kejuaraan Perahu Naga Asia ke-14. Semoga prestasi ini dapat bertahan dan bahkan Tim Dayung Nasional Indonesia dapat menjadi juara dunia,” ujarnya. dikatakan. Marciano di keluaran KONI Central.

“Terima kasih kepada PB.PODSI pimpinan Encik Basuki Hadimuljono beserta jajaran direksi, pelatih dan pejabatnya yang telah bekerja keras menghasilkan atlet-atlet juara. Pembinaan tersebut terbukti berhasil,” ujar mantan Kepala Badan Intelijen Negara itu. (PUTRA DARI).

Medali emas yang gagal diraih Indonesia diraih pedayung nomor perahu kecil nomor 12 di nomor Open 200 meter. Medali diraih oleh perwakilan tuan rumah.

Sedangkan pada lomba perahu standar nomor 22 pendayung Terbuka sejauh 1.000 meter, 500 meter, dan 200 meter, Indonesia juga tidak menurunkan wakilnya. Hasilnya, tiga medali diraih oleh China.

Asian Championship 2022 kali ini diikuti oleh 12 negara, selain China, Thailand dan Indonesia, ada juga Australia, Kamboja, Taiwan, Hong Kong, India, Myanmar, Malaysia, Nepal, dan Singapura.

(mcy/aff)