Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Meluncur, Kini Pakai FWD


Jakarta

Toyota resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix Hybrid. Mobil Kijang Innova dengan penambahan nama Zenix ini telah diubah total. Luar, dalam, hingga mesin dan platform dirombak.

Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Toyota Kijang generasi ketujuh di Indonesia menggunakan platform TNGA:GA-C dengan struktur monocoque. Platform ini menggantikan tangga pada struktur rangka Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga sudah beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

“Hari ini kami menghadirkan generasi ketujuh Kijang baru, All-New Kijang Innova Zenix, sebagai crossover multiguna yang inovatif. Dengan desain yang mewah dan kokoh, luas, customer-centric, dan ramah lingkungan, ini adalah mobilitas terkini. solusi yang sesuai dengan kebutuhan keluarga modern, milenial dan penggemar setia Kijang Innova masa kini,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto dalam sambutannya pada peluncuran Kijang Innova Zenix di Jakarta, Senin (21/11). /2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Dari segi desain eksterior, tampilan Toyota Kijang Innova Zenix diubah total. Desain Kijang generasi terbaru menggunakan postur tubuh menyilang yang khas.

Di bagian depan, Kijang Innova Zenix mengusung desain gril berbentuk trapesium dan lampu LED tipis. Profil desain yang kuat diwakili oleh lekukan yang kuat disertai pilar A yang lebih tegak.

Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm dengan jarak sumbu roda 2.850 mm sehingga posisi roda lebih dekat ke sudut bumper. Tampil lebih gagah dengan side moulding dan rocker moulding tebal serta velg besar. Tipe Q HV menggunakan velg 18 inci, tipe V menggunakan velg 17 inci dan tipe G memiliki velg 16 inci.

Di bagian belakang, karakteristik crossover yang tangguh tercermin dari desain bodi yang kokoh, sudut pilar D yang lebih landai, serta diperkuat oleh diffuser dan spoiler belakang.

Pindah ke bagian interior, Kijang Innova Zenix lebih berkelas dengan sentuhan kulit sintetis. Mobil ini menggunakan layar MID berukuran 7 inci untuk model Hybrid EV dan 4,2 inci untuk model bensin. Kemewahan setirnya memiliki tombol TSS untuk mengoperasikan fitur Toytoa Safety Sense (TSS), display dan cruise control untuk tipe Q HV.

Tipe Innova Zenix Q HV dan V hadir dengan layar audio berukuran 10 inci, dan tipe G menggunakan layar berukuran 9 inci. Ada konektivitas smartphone, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition dan NFC E-Toll Card Inspection. Khusus untuk tipe Q HV, terdapat layar 10 inci Dual Rear Seat Entertainment dengan Internet Connection untuk kursi baris kedua.

Fiturnya cukup lengkap. Ada Electric Parking Brake + Hold Brake (EPB + BH), Start Stop Button + Smart Entry, wireless charger untuk model Q HV dan 4 slot USB C. Toyota juga menyematkan Digital Auto AC dengan Dual Zone pada semua varian Innova Zenix. Bahkan, khusus untuk Q HV, terdapat captain’s chair, electric recline ottoman chair, power tailgate dengan Voice Command untuk membuka bagasi, serta Panoramic View Monitor dan DVR yang berfungsi sebagai kamera dashboard.

Toyota Kijang Innova Zenix diproduksi di Indonesia. Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)

Toyota Kijang Innova Zenix terbaru mengusung mesin 2.000 cc TNGA berkode Enjin Daya Dinamik M20A-FKS. Mesin twin VVT-i empat silinder berkapasitas 1.987 cc ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, tenaga dan torsi mesin ini lebih besar dibandingkan dengan Innova Reborn bensin, sedangkan dibandingkan dengan Innova Reborn diesel tenaganya lebih besar namun torsinya sedikit lebih kecil.

Toyota juga menghadirkan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV. Sistem ini diklaim mampu mengoptimalkan pengendalian keluaran tenaga pada mesin pembakaran dalam dan motor listrik. Innova Zenix Hybrid EV dibekali mesin 2.000 cc TNGA berkode M20A-FXS yang menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Saat bergerak, mesin 1.987 empat silinder Dual VVT-i diperkuat dengan motor listrik bertenaga 113 PS dan torsi 205,9 Nm menghasilkan tenaga gabungan sebesar 186 PS. Artinya, tenaga meningkat dibanding Innova Reborn bensin (139 PS) dan solar (149 PS). Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dilengkapi dengan baterai hybrid Ni-MH yang dikemas dalam kemasan yang kompak dan disimpan di bawah dua kursi depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

Semua tipe Toyota Kijang Innova Zenix dilengkapi dengan transmisi CVT berkode K120. Transmisi ini memadukan sabuk baja dan transmisi roda gigi yang dapat memperluas jangkauan rasio transmisi. Mode Sequential Shiftmatic 10 kecepatan digunakan untuk mengaktifkan perpindahan gigi seperti transmisi manual. Ada juga kontrol shift naik / turun untuk melewati gunung. Khusus untuk tipe Hybrid ditambahkan mode berkendara EV selain Eco, Normal dan Power.

Tampak Belakang Toyota Kijang Innova Zenix Foto: (Luthfi Anshori/ detikOto)

“Kijang Innova All New merupakan model MPV hybrid Toyota EV pertama yang lahir di Indonesia. Menggunakan platform dan mesin TNGA dengan mengadopsi teknologi EV hybrid generasi kelima, sama seperti EV hybrid Toyota Prius legendaris yang baru diluncurkan di Jepang. Ini baru model mengalami peningkatan performa yang signifikan. Rata-rata 25% lebih baik. Dan konsumsi bahan bakar rata-rata lebih dari 50% dibandingkan generasi sekarang,” jelas Henry.

Kijang Innova Zenix tersedia dalam tujuh tipe yang terbagi menjadi tiga tipe utama yaitu Q, V dan G. Pada grade Q 2.0 HV, Kijang Innova Zenix telah dilengkapi Toyota Safety Sense 3.0 dan tersedia pilihan Modellista. sebagai paket styling tambahan. Pada grade V terdapat dua pilihan mesin yaitu mesin bensin dan Hybrid EV, dimana untuk grade 2.0 V HV terdapat pilihan Modellista. Di kelas G, tersedia dua pilihan mesin, termasuk Hybrid EV.

Tonton video “Mengapa Toyota memilih Innova untuk ‘Electric’?”
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/kering)