Toyota Kijang Innova Zenix: Spesifikasi dan Harga Lengkap


Jakarta

PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Kijang Innova Zenix. Kini, Toyota Kijang Innova ‘bermuatan listrik’ menjadi mobil hybrid. Berikut spesifikasi lengkap dan harga Toyota Kijang Innova Zenix.

Toyota Kijang Innova Zenix melakukan debut globalnya di Indonesia. Diluncurkan pertama kali di sebuah hotel di Jakarta, Kijang generasi ketujuh mendapat pembaruan menyeluruh baik dari segi eksterior, interior maupun mesin dan platform.

Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Toyota Kijang generasi ketujuh di Indonesia menggunakan platform TNGA:GA-C dengan struktur monocoque. Platform ini menggantikan tangga pada struktur rangka Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga sudah beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Simak spek lengkap dan harga Toyota Kijang Innova Zenix selengkapnya di bawah ini.

Eksterior bergaya SUV

Berkat penggunaan platform TNGA:GA-C, para desainer Toyota memiliki kebebasan lebih untuk menciptakan profil wajah dan postur tubuh khas sebuah crossover pada Medium MPV. Toyota Kijang Innova Zenix hadir dengan konsep eksterior yang ‘Glamor dan Tangguh’.

Di bagian depan, Kijang Innova Zenix mengusung desain gril berbentuk trapesium dan lampu LED tipis. Profil desain yang kuat diwakili oleh lekukan yang kuat disertai pilar A yang lebih tegak.

Toyota Kijang Innova Zenix Foto: (Pradita Utama/detikcom)

Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm dengan jarak sumbu roda 2.850 mm sehingga posisi roda lebih dekat ke sudut bumper. Tampil lebih gagah dengan side moulding dan rocker moulding tebal serta velg besar. Tipe Q HV menggunakan velg 18 inci, tipe V menggunakan velg 17 inci dan tipe G memiliki velg 16 inci.

Di bagian belakang, karakteristik crossover yang tangguh tercermin dari desain bodi yang kokoh, sudut pilar D yang lebih landai, serta diperkuat oleh diffuser dan spoiler belakang.

Toyota Kijang Innova Zenix Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)

Interior Modern

Penggunaan platform TNGA juga memberikan ruang lebih untuk memanjakan pengemudi. Kabin dirancang dengan tata letak yang berorientasi pada pengemudi disertai dengan material kabin berkualitas tinggi dan modern.

Ketinggian panel instrumen dibuat sejajar dengan tinggi panel pintu untuk memberikan kesan berkendara yang lega. Dimensi kabin lebih lega untuk memberikan kenyamanan. Suasana berkelas dihadirkan oleh atap panoramik dan pencahayaan ringan pada tipe Q HV dan V HV.

Toyota Kijang Innova Zenix Foto: (Pradita Utama/detikcom)

Kijang Innova Zenix lebih berkelas dengan sentuhan kulit sintetis. Mobil ini menggunakan layar MID berukuran 7 inci untuk model Hybrid EV dan 4,2 inci untuk model bensin. Kemewahan setirnya memiliki tombol TSS untuk mengoperasikan fitur Toytoa Safety Sense (TSS), display dan cruise control untuk tipe Q HV.

Tipe Innova Zenix Q HV dan V hadir dengan layar audio berukuran 10 inci, dan tipe G menggunakan layar berukuran 9 inci. Ada konektivitas smartphone, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition dan NFC E-Toll Card Inspection. Khusus untuk tipe Q HV, terdapat layar 10 inci Dual Rear Seat Entertainment dengan Internet Connection untuk kursi baris kedua.

Fiturnya cukup lengkap. Ada Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB + BH), Tombol Start Stop + Smart Entry. Untuk varian Q HV terdapat wireless charger dan 4 slot USB C. Toyota juga menyematkan Digital Auto AC with Dual Zones pada semua varian Innova Zenix.

Bahkan, khusus untuk Q HV juga terdapat captain seat, electric recline ottoman chair, power tailgate dengan Voice Command untuk membuka bagasi, serta Panoramic View Monitor untuk membantu saat memarkir mobil mundur dan a DVR yang berfungsi sebagai kamera dasbor.

Kabin tipe Q HV menggunakan jok two tone berbahan kulit sintetis. Sedangkan tipe V HV menggunakan bahan kain emboss. Untuk model G, GHV dan V menggunakan kain. Selain model Q HV termewah, joknya menggunakan jok terangkat, bahan berlubang, dan jahitan ganda yang lebih mewah.

Lanjut ke halaman berikutnya: Kenyamanan dan Performa Mesin