Vespa 'Made in Cikarang' Bakal Diekspor?


Jakarta

Piaggio Group akhirnya memiliki fasilitas perakitan di kawasan Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). Ini merupakan pabrik ketiga Piaggio di kawasan Asia Pasifik setelah Vinh Phuc (Vietnam) dan Foshan (China).

Model yang diproduksi di Indonesia adalah Vespa LX 125 i-Get. Sepeda motor 125 cc ini sudah mulai didistribusikan dari pabrik ke distributor di Indonesia. Pabrik Vespa kini hanya dipenuhi oleh kebutuhan pasar dalam negeri.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan proses pembangunan pabrik tersebut cukup cepat. Hanya dalam waktu satu tahun pabrik Vespa sudah mulai komersial.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Saya masih ingat beberapa bulan lalu, saat saya hadir di fasilitas ini untuk melakukan break ground. Ini sangat mengesankan, sangat cepat, mode pabrik bisa selesai dalam setahun,” kata Agus di lokasi, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (22/11/2022).

“Sekarang kita memasuki fase selanjutnya yaitu komersial. Kami pemerintah melalui Kementerian Perindustrian selalu membantu, juga memberikan pengarahan kepada Piaggio Indonesia, bagaimana menjadi perusahaan yang sukses di Indonesia,” imbuhnya.

Agus menambahkan, pabrik Vespa bisa diekspor ke luar negeri.

“Kami berharap demikian, ada ekspor dari Indonesia ke negara lain,” kata Agus.

Pimpinan PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega menyatakan, Vespa memiliki komitmen yang panjang untuk Indonesia. Untuk tahap awal, pabrik Vespa baru memproduksi tipe LX 125 i-Get.

“Kami baru memulai perjalanan panjang ke sini dengan biaya (investasi awal) 20 juta dolar, kami akan naik ke sini secara bertahap,” kata Marco.

Di sisi lain, Menperin mendorong Vespa untuk meningkatkan kandungan lokal di dalam negeri. Meski saat ini Piaggio belum membeberkan nilai TKDN dari Vespa 125 iGet produksi lokal tersebut.

“Saya juga mengambil kesempatan ini untuk mengimbau Piaggio Indonesia untuk meningkatkan penggunaan komponen lokal, terutama yang diproduksi oleh industri kecil dan menengah. Penting bagi kita untuk melihat Piaggio menjadi bagian dari jawaban untuk membawa mereka ke dalam rantai pasokan global Piaggio dan juga mendukung program konten pemerintah daerah,” kata Agus.

“Ke depannya, saya berharap Piaggio Indonesia dapat terus meningkatkan kapasitas produksinya dan menambah lini kendaraan produksi dalam negeri yang pada akhirnya akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor. Menutup kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya sekali lagi mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi saya yang sebesar-besarnya untuk Piaggio Indonesia,” imbuhnya.

Tonton videonya “Seru! Vespa LX buatan Indonesia akan di-repave”
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)