Viral Siswa SMP Sidoarjo Ngamuk saat Ditilang, Polisi: Wajar Masih Anak-anak


Jakarta

Seorang siswa sekolah dasar di Sidoarjo, Jawa Timur, berinisial F (12) viral usai membuat ulah saat ditilang polisi karena berkendara tanpa mengenakan helm. Ia terlihat mengacungkan jari sambil meneriakkan kata-kata yang tidak pantas.

Kabag Sat Gakkum Sat Lalu Polresta Sidoarjo Iptu Ony Purnomo menjelaskan, kemarahan F memuncak setelah mengetahui polisi merekamnya. F lalu melontarkan makian kasar menggunakan bahasa Jawa.

“Alasannya marah dan menghina petugas, dia tidak suka direkam (direkam),” kata Ony dikutip detikOto dari detikJatim, Senin (21/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Mahasiswa Sidoarjo Viral Mencaci Polisi Foto: Dok. Spesial/Screenshot

Ony menegaskan, polisi lalu lintas di lapangan sebenarnya tidak memberikan tilang kepada siswa sekolah dasar itu. Polisi hanya mencoba melakukan pendekatan kemanusiaan dengan meminta dia menghubungi orang tuanya untuk membawakan helm.

“Sebenarnya petugas tidak menindak mahasiswa tersebut. Mereka hanya memberikan edukasi kepada yang bersangkutan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ony menegaskan, mahasiswa ini tidak pernah menyukai kamera. Itu sebabnya, saat menyadari dirinya direkam, dia terus marah dan merasa tidak terima.

“Dari keluarga diinformasikan kalau anak ini sangat tidak suka dengan kamera. Di medsosnya semua tanpa ada foto profil. Dia sebenarnya baik, kita juga ngobrol baik-baik,” jelasnya.

Siswa SMP Sidoarjo marah Foto: Dok. Spesial/Screenshot

Menurut Ony, reaksi ofensif F itu dinilai polisi wajar. Sebab, kata dia, F masih anak labil dan belum dewasa.

“Ya wajar kalau anak diam. Karena masih labil, belum bisa dilakukan rujukan pada usia tersebut,” ujar Ony.

Sebelumnya beredar video mahasiswa yang memarahi dan memaki polisi. Siswa tersebut diketahui mengendarai sepeda motor tanpa helm. Video yang beredar diketahui berada di Sidoarjo.

Dalam video tersebut, terlihat awalnya seorang polisi berhenti dan memperingatkan siswa tersebut agar tidak memakai helm. Siswa yang ditegur itu juga terlihat menunggangi seorang siswi.

Namun, siswa tersebut menyadari bahwa dia sedang direkam oleh petugas lain. Tak terima, mahasiswa tersebut kemudian mencoba masuk namun dihentikan petugas. Para mahasiswa langsung memaki petugas.

Simak Video “Video Viral Polisi Pukul Polisi Militer di Palembang”
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/sfn)